γ 2002 Yulianus Paonganan                                                                    Posted  26 November, 2002

Makalah Pengantar Falsafah Sains (PPS702)

Program Pasca Sarjana / S3

Institut Pertanian Bogor

November  2002

 

Dosen :

Prof Dr. Ir. Rudy C Tarumingkeng (Penanggung Jawab)

Prof Dr Zahrial Coto

Dr Bambang Purwantara

 

 

BIOEKOLOGI  KERANG  LOLA

(Trochus niloticus Linn.)

 

 

Oleh:

 

 

Yulianus Paonganan

IKL C661020011

E-mail: ypaonganan@yahoo.com

 

 

 

1.    Pendahuluan

Hewan moluska khusunya dari jenis gastropoda yang di Indonesia dikenal sebagai siput, atau juga kerang-kerangan telah lama dikenal oleh masyarakat dengan beragam kegunaan. Seperti di Irian pada jaman dahulu, masyarakat pegunungan menggunakan cangkang siput sebagai mata uang. Jenis cangkang siput yang digunakan terutama dari jenis Cyprea annulus dan Cyprea meneta yang berukuran besar. Nilainya cukup tinggi jika dibandingkan dengan mata uang sekarang, satu keping bisa ditukrkan dengan seekor babi. Bahkan menurut informasi dibeberapa tempat masih digunakan disamping mata uang lain.

Pemanfaatan kerang oleh manusia  selain cangkangnya juga dagingnya yang memiliki nilai gizi yang tinggi karena proteinnya yang tinggi. Pemanfaatan cangkang kerang yang beraneka ragam membuat penelitian-penelitian dari berbagai aspek hewan ini telah mulai berkembang sejak dulu. Beberapa jenis kerang-kerangan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi khususmya digunakan sebagai perhiasan adalah tiram mutiara Pinctada maxima, Pinctara margaritifera dan species lain yang mengahasilkan mutiara. Selain itu juga siput dari jenis Trochus niloticus yang memiliki lapisan mutiara pada cangkangnya yang dikenal sebagai “Mother of pearl” yang pemanfaatannya sangat beragam.

Kerang Lola (Trochus niloticus) merupakan hewan moluska dari kelas Gastropoda yang hidup di rataan terumbu karang. Kerang ini memiliki manfaat ekologis di ekosistem terumbu karang sebagai herbivora yang mengontrol populasi makroalga. Terutama sebagai bahan makananya. (Asano,1944, Paonganan 2000). Selain itu kerang ini juga memiliki potensi ekonomis yang cukup tinggi karena memiliki cangkang dengan lapisan mutiara yang bermutu tinggi. Cangkangnya dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai jenis industri seperti cat, kancing , perhiasan dan lain-lain (Morehouse, 1932; Rao,1937).

Kerang lola hidup pada perairan laut, terutama pada ekosistem terumbu karang. Hidup sebagai pengeruk alga (grazer) yang menempel pada karang-karang mati. Berdasarkan penelitian beberapa ahli menyatakan bahwa distribusi vertikal lola pada suatu perairan  berdasarakan diameter cangkang. Lola dengan cangkang yang berdiameter kecil ditemukan pada perairan dangkal, semakin  besar diameter cangkang maka semakin dalam habitatnya. (Mc.Gowan, 1958; Gail, 1957; Paonganan 1997; Paonganan 2000)

Penelitian tentang kemungkinan pemanfaatan kerang Lola serta segal aspek kehidupannya telah dimulai sejak tahun 1912 di New Caledonia. Berbagai kajian dari aspek bilogi dan ekologi juga telah dilakukan terutama dalam upaya budi daya, baik itu di Indonesia maupun di berbagai negara.  Indosesia sebagai salah satu wilayah yang merupakan habitat lola sejak dahulu  telah dilakukan penangkapan secara tradisional. Kegiatan tersebut semakin meningkat dengan berkembangnya berbagai industri yang memakai cangkang lola sebagai bahan baku. Dengan menurunnya populasi lola khususnya di perairan Indonesia, maka  Pemerintah dalam hal ini Menteri Kehutanan mengeluarkan Surat Keputusan No.12 tahun 1987 yang menyatakan bahwa lola adalah salah satu hewan yang dilindungi.

 

2.              Biologi Lola

Lola (Trochus niloticus Linn.) untuk pertama kali di deskripsi oleh Linnaeus pada tahun 1767. Hasil deskripsi tersebut menyebutkan bahwa lola merupakan kerang berukuran besar, cangkngnya berbentuk kerucut dengan 10 sampai 12 buah ulir (suture). Perputaran seluk (whorl) berbentuk spiral yang jelas. Beberapa seluk permulaan memiliki tonjolan-tonjolan kecil. Seluk akhir (body whorl) berbentuk lingkaran yang cembung dan membesar. Kolumellanya tipis yang ujungnya memiliki tonjolan seperti gigi. Cangkngnya berwarna dasar krem keputihan dengan corak bergaris merah lembayung, sementara dasar cangkangnya berbintik merah muda. Berdasarkan deskripsi tersebut maka klasifikasi kerang lola adalah sebagai berikut (Springsteen and Leobrera, 1986):

 

Filum                           : Moluska

Kelas                          : Gastropoda

Sub Kelas                   : Prosobranchia

Ordo                           : Archaeogastropoda

Super Famili                : Trochacea

Famili                          : Trochidae

Genus                         : Trochus

Spesies                       : Trochus niloticus Linn.

 

           Anatomi lola untuk pertama kali diteliti oleh Robert pada tahun 1900 (Moorehouse, 1932). Hasil penelitiannya menyatakan bahwa di bagian kepalanya terdapat sepasang tentakel, sepasang bintik mata dan sebuah tonjolan yang disebut “proboscis” pendek dan tidak aktif digerakkan. Mulutnya terletak di bagain ujung kepala dengan dua buah bibir lateral. Didalam rongga mulutnya terdapat banyak gigi radula mulai dari bagian atas hingga bagian bawah mulut dan berakhir di bagian depan mulut dekat bibir. Antara mulut dan cangkang terdapat juntaian dari bagian mantel berbentuk cerobong.

 

Gambar 1. Morfologi Kerang Lola (Trochus niloticus Linn.)

 

Secara histologi, Pradina dan Arafin (1993) mengamatinya dengan hasil bahwa system organnya tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan gastropoda umumnya. Struktur anatomi dan fungsi faal tubuhnya tersusun dan didukung oleh jaringan-jaringan dasar berupa epitel, jaringan ikat dan sebabut-serabut otot. Memiliki matel yang tipis dan liat, Insangnya terdapat dalam ruang mantel yang berupa lembaran-lembaran menyerupai sisir berwarna abu-abu muda, kadang-kadang dilapisi silum ditengahnya. Alat pencernaannya terdiri atas rongga mulut, osefagus, kelenjar ludah, tembolok, lambung, kelenjar pencernaan (hati dan pancreas) serta usus, rectum dan anus. Dinding saluran pencernaannya tersusun atas lapisan mukosa, lapisan muskularis serta lapisan serosa. Dari hasil  penelitian diketahui bahwa jenis makanan lola berupa alga dari jenis Cyanophyta, Phaeophyta, Rhodophyta serta Clorophyta dan beberapa jenis foraminifera, pasir dan detritus ( Asano 1944,; Soekendarsi et al., 1988).

 

3.   Reproduksi Kerang Lola.

Kerang lola  merupakan hewan diesius yang masing-masing individu memiliki kelamin tunggal. Berdasarkan morfologi sulit diketahui perbedaan jenis kelamin karena tidak adanya cirri-ciri kelamin sekunder yang membedakannya. Metode klasik yang diperkenalkan oleh Amirthalingan (1932) untuk melihat jenis kelamin lola adalah dengan memotong bagian apeks secara longitudinal. Dari sit dapat dilihat adanya perbedaan warna dari gonad jantan dan betina. Gonad jantan berwarna krem keputihan sedangkan gonad betina berwana hijau tua. Namun metode ini sangat merugikan karena harus mengorbankan hewan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh Dobson and Lee (1996) dan Paonganan (2000) menyebutkan bahwa ada kecenderungan yang besar untukmembedakan jenis kelamin lola dari penampakan morfologi lola. Lola betina meiliki cangkang dengan perbandingan diameternya lebih besar dibandingkan dengan tinggi cangkang, sementara yang jantan sebaliknya.

Menurut Pradina dan Dwiono (1994), proses perkembangan gonad lola dogolongkan manjadi empat tahap perkembangan, yaitu:

1.                  Proliferasi ; gonad hanya meiliki ovum dalam jumlah sedikit, dari tingkat kepadatan rendah hingga tinggi.

2.                  Perkembangan awal ; diameter ovum meningkat dan beberapa oosit sudah diselimuti dengan lapisan jeli (selaput yang berlubang) disekelilingnya. Lapisan jeli tersebut bisa jadi indicator kematangan ovum. Tahap ini didominasi oleh ovum muda dan berdiameter kecil.

3.                  Perkembangan lanjut; pada tahap ini ditandai dengan semakin banyaknya ovum yang diselimuti dengan lapisan jeli pada bagaian luarnya.

4.                  Matang gonad; ovum matang mendominasi ovarium, pada tahap ini kadang dijumpai ovum yang berdiameter kecil.

Hasil penelitian ini juga menyatakan bahwa pangamatan secara mikroscopis belum ditemukan adanya gonad pada lola dengan diameter antara 40 – 59 mm, hanya terlihat adanya lapisan gonad yang tipis dengan sedikit trabekula yang menunjukkan belum terbentuknya gonad.

           Proses reproduksi diawali dengan fertilisasi eksternal yang terjadi dalam air. Selanjutnya telur yang telah dibuahi akan melekat pada “red coralline algae” pada dasar substrat perairan. Larva yang terbentuk berupa larva trokofor yang bersifat planktonik yang berenang bebeas menggunakan velum yang bersilium. Setelah itu akan berkembang menjadi “veliger lecithotrophic”, lalu setelah beberapa hari akan mengendap mencari substrat yang sesuai (Heslingan dan Hilaman, 1981; Nash, 1985).

          

5.           Ekologi  Kerang Lola

Menurut Mc.Gowan (1958), penyebaran lola terbatas pada ekosistem terumbu karang. Hampir seluruh laut di Indo-Pasifik bahkan hingga ke perairan Indo-Australia memiliki ekosistem yang cocok sebagai habitat lola. Namun berdasarkan penelitian tersebutternyata bahwa di sekitar  Kepulauan Yap, Palau dan Atoll Helen merupakan lokasi yang paling cocok untuk pertumbuhan lola. Pada awal tahun 1927 diadakan pemindahan besar-besaran kerang lola dari tempat tersebut ke Turk, Saipan, Guam, Ponope, Marshal dan Ngulu oleh orang-orang Jepang. Upaya tersebut memberikan hasil yang menggembirakan mereka, bahkan hingga saat ini masih bertahan hidup, walaupun pertumbuhannya lambat disbanding tempat asalnya.

Di perairan Indonesia, khususnya di Maluku, penyebaran lola terkonsentrasi dari Maluku Tenggara, Utara dan Tengah. Yang paling tiggi kepadatannya ditemukan di Pulau Kei Besar (Arafin, 1993). Di Sulawesi Selatan dan Tenggara, lola ditemukan dikepulauan sembilan, Perairan pantai Bira, Spermonde dan Kepulauan Pangkep, Perairan Barru dan Pulau Liukan Loe. (Ali et al., 1992; Soekendarsi dan Paonganan, 1996; Paonganan, 1997; Paonganan 2000).

Menurut Risamasu et al.(1995) lola juga ditemukan di wilayah Nusa Tenggara Timur seperti di Sumba Timur, Alor dan perairan Kupang. Di pesisir  Kupang ditemukan di Tablolong, Tanjung Kulit Kima, Slupri, Air Cina, Pulau Semau, Pulau Rote dan Pulau Landu.

Kerang lola yang masih muda akan ditemukan pada daerah pasang surut, hidup menempel pada lembaran daun lamun atau pada tallus makroalga serta pecahan karang mati. Sedangkan lola dewasa dapat ditemukan didaerah terumbu karang pada kedalaman 0,5 meter hingga pada kedalaman sekitar 10 meter. Bahkan pada suatu kasus tertentu dapat ditemukan pada kedalaman 24 meter (McGowan, 1958; Arafin. 1993; Gail, 1957, Paonganan 1997,; Paonganan 2000). Hasil penelitian itu juga mencatat bahwa distribusi lola berdasarkan kedalaman diikuti oleh bertambahnya ukuran diameter cangkang lola, semakin dalam perairan maka lola yang hidup memiliki diameter yang relatif lebih besar dibandingkan dengan perairan dangkal. Paonganan (1997) menemukan lola dengan diameter rata-rata 40,2 mm pada kedalaman 0,1 – 3 meter, diameter rata-rata 81,3 mm pada kedalaman >3 – 5 meter, rata-rata diameter 100,4 mm pada kedalaman >5 - 8 meter serta diameter rata-rata 117,8 mm diperoleh pada kedalaman >8 – 11 meter.

Menurut Rao (1937) bahwa kadang-kadang dalam suatu titik tertentu didaerah tubir pada saat surut terendah, lola ditemukan berkumpul dengan ukuran diameter yang beragam dibawah pecahan karang mati. Hal ini terjadi karena kebiasaan lola yang hidup berkelompok untuk mencari makan sehingga dalam suatu titik tertentu ditemukan sebanyak 15 individu. Selain itu lola bukan hewan yang hidup menetap tetapi selalu bergerak atau berpindah tempat.

Kepadatan populasi tertinggi dapat ditemukan di tepian terumbu karang yang terekspose langsung terhadap ombak yang didominasi lola muda, sedangkan yang dewasa banyak dijumpai di daerah tubir (McGowan, 1958), sementara menurut Heslingan (1981) dan Hahn (1989), kepadatan tinggi lola dapat ditemukan pada daerah yang bersubstrat pecahan karang mati berukuran besar yang ditumbuhi oleh “filamnentous algae”, diatomae dan foraminifera.

Yi dan Lee (1997) dalam penelitiannya menyatakan bahwa suhu merupakan salah satu factor yang menunjang kehidupan lola, terutama dalam mengkonsumsi oksigen. Pada suhu 31oC merupakan suhu optimal untuk proses tersebut. Menurut Heslinga (1981) bahwa perbedaan suhu juga berpengaruh tehadap pertumbuhan lola terutama dalam kaitannya dengan kelimpahan dan kualitas makanan alaminya. Toleransi suhu terhadap kehidupan lola berkisar antara 28 – 34oC. Lola sebagai hewan yang hidup di air laut memiliki toleransi terhadapa perubahan salinitas dengan kisaran 31 – 37 %o.

 

6.           Penutup

Kerang lola sebagai salah satu sumberdaya pada ekosistem terumbu karang memiliki potensi yang cukup besar. Namun dengan adanya eksploitasi yang cenderung berlebihan sehingga saat ini populasinya sudah menurun drastic. Hal membuat pemerintah mengeluarkan keputusan yang menyatakan bahwa lola m,enrupakan hewan yang dilindungi. Hal ini tentunya mendorong peneliti untuk melakukan berbagai peneleitian dalam rangka upaya budi daya.

Upaya-upaya ke arah budi daya kerang lola telah dilakukan diberbagai tempat, seperti di Kepulauan Marshal, Pulau Barrang Lompo serta di Australia Utara. Namun pada implementasi di lapangan banyak kendala yang dihadapi terutama investasi dan waktu yang relatif sangat lama untuk memperoleh hasil. Hal initerkait dengan hasil penelitian Rao (1936) bahwa pertumbuhan lola untuk mencapai umkuran 25 – 30 mm dibutuhkan waktu sekitar dua tahun, 50 – 60 mm  waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ukuran tersebut sekitar tiga tahun.

Selain upaya budidaya tentunya hal ini juga terkait dengan upaya konservasi, khususnya ekosistem terumbu karang sebagai habitat lola. Lola sebagai hewan herbivora sangat besar peranannya pada ekosistem tersebut terutama dalam mengontro populasi makroalga yang merupakan salah satu ancaman bagi keberadaan kewan karang. Hal ini sangat erat kaitannya dengan meningkatnya kegiatan manusia disekitar pesisir yang tentunya akan berdampak pengayaan nutrien ke ekosistem trumbu karang dan akan memacu peningkatan populasi makroalaga. Akankah hal ini akan dibiarkan terjadi?.

 

Referensi

 

Ali, S.S.,M.N.Nessa, dan A.Rahman, 1992. Rangkuman beberapa hasil penelitian Lola Trochus niloticus spp. Prosiding Temu Karya Ilmiah Potensi Sumberdaya Kekerangan Sulawesi Selatan dan Tenggara. 102 – 108

Amirthalingan, C. 1932. Correlation of sex and shell structure in Mollucs Trochus niloticus Linn. Current Science (1): 72 –73

 

Asano, N. 1939. On the spawning saeason of top shell. Journal of Fisheries vol 34(1):   36-38

_______, 1944. On the food of top shell from Palau Island. Journal of fisheries 35(4): 8p

Arafin, Z. 1993, Geographical distribution, habitat and fishery of top shel (Trochus niloticus) in Maluku. Perairan Maluku dan Sekitarnya, Ambon : 93 – 101

Dharma, B. 1988, Siput dan kerang Indonesia I (Indonesian Shells). PT. Sarana Graha, Jakarta :135 hal

Dobson, G., and C.J.Lee, 1996., Improved method of determining the sex of the marine top shell (Trochus niloticus) (Mollucs: Gastropoda) for spawning. Aquaculture (139):329 – 331.

Eddy Soekendarsi,M Iqbal Djawal and Y.Paonganan.2001. Growth rate of Trochus niloticus L.fed on four species of benthic marine macroalgae. Phuket marine biological center special publication 25(1):135-137

Gail, R. 1957, Trochus fishery. Pasific Commisioner Quarternary. Bulletin VII (1):         48 – 49

Hahn, K.O., 1989. Culture of the tropical top shell, Trochus niloticus, In: CRC Handbook of culture of aboalone and other marine gastropod. CRC Press, Boca Raton:     301- 315

Heslinga, G.A. 1981. Growth and maturity of Trochus niloticus in the laboratory. Proceeding of the fourth International Coral Reef Symposium (1):39– 45

Heslinga, G.A., and A. Hilaman, 1981. Hatchery culture of the commercial top snail Trochus niloticus in Palau, Caroline Island. Aquaculture (22) 35 – 43

McGowan, J.A., 1958. The Trochus fishery of the Trust Territory of the Pacific Island. Report to the Commisioner, U.S. Trust Territory of the Pasific Island.           Saipan: 46 p

Moorehouse, F.W. 1932. Notes on Trochus niloticus. Great Barrier Reef Expedition Scientific Report 1928 – 1929. Nature 3 (5):154 – 155

Nash, N. 1985. Aspect of the biology of Trochus niloticus (Gastropoda:Trochidae) and its fishery in the Great Barrier Reef region. Report to the Queensland Departement of Primary Industries, and to the Great Barrier Reef Marine Park Autority: 20 p.

Paonganan, Y. 1997. Hubungan antara lebar, panjang, berat total, berat cangkang dan berta daging dengan berat isi perut dari Trochus niloticus Linn dikaitkan dengan kedalaman dan habitatnya di periranan Pulau Liukang Loe Sulawesi Selatan. Skripsi, Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang: 80 hal

Paonganan, Y. 2000. Korelasi fase perkembangan gonad lola (Trochus niloticus Linn.) dengan aspek biofisik lingkungan perairan Pulau Baki, Sulawesi Selatan, Thesis PPs-IPB Bogor: 86 hal.

Paonganan, Y, Tjahjo Winanto and E.Soekendarsi. 2001. Size distribution of male and female top shell Trochus niloticus Linne in relation to the depth and substrate.Phuket marine biological center special publication 25(1):89-90

Paonganan, Y., Tjahjo Winanto and E.Soekendarsi. 2001. Biometrics of male and female top shell Trochus niloticus Linne. Phuket marine biological center special publication 25(1):87-88

Pradina dan Z.Arafin. 1993, Struktur jaringan beberapa organ dalam Trochus niloticus L.Balitbang Sumberdaya Laut Puslitbang LIPI Ambon: 81 – 90

Pradina, dan S.A.P. Dwiono, 1994, Karakteristik tahapan perkembangan gonad Trochus niloticus (moluska :gastropoda). Perairan Maluku dan Sekitarnya, Ambon (8):    15 – 22

Risamasu, F. Yahya dan N.Dohoklory, 1995. Studi tentang daerah penyebaran Trochus niloticus di perairan pesisir Nusa Tenggara Timur. Universitas Nusa Cendana: 86hal.

Soekendarsi, E. dan Y,Paonganan, 1996. Studi pendahuluan tentang siput Lola (Trochus niloticus L. 1767) di Pulau Kapoposang (Kab.Pangkep) dan Pualau Kambing (Kab. Bulukumba). Laporan LPPM Unhas  Ujung Pandang: 37 hal

Soekendarsi, E. A. Palinggi dan Slamet S.1998. Stomach content in relation to shell length, width, and weigth of the gastropod Trochus niloticus L. Phuket marine biological center special publication 18(1):73 – 76

Springsteen, F.J., and F.M. Leobrera., 1986. Shell ofPhilippines. Carlos B. Leobrera, Manila: 32 p

Yi, S.K. and C.J.Lee, 1997. Effect of temperature and salinity on the oxygen consumption and survival of Hathcery-reared juvenile top shell Trochus niloticus (Mollucs:Gastropoda). ACIAR Proceedings (79): 69 – 75.